Suryamedia.id – Wakil Presiden Republik Indonesia (RI) Gibran Rakabuming Raka membuka hotline pengaduan masyarakat di WhatsApp bertajuk ‘Lapor Mas Wapres’. Kanal pengaduan ini dibuat dengan tujuan memudahkan masyarakat menyampaikan aspirasi dan keluhan kepada pemerintah.
Peluncuran layanan pengaduan ini telah disampaikan langsung oleh Wapres Gibran melalui akun Instagram pribadinya baru-baru ini. Ia menyatakan bahwa masyarakat Indonesia sudah bisa mengakses ‘Lapor Mas Wapres’ mulai Senin (11/11/2024) di WhatsApp.
Tak hanya itu, laporan dan keluhan juga bisa langsung disampaikan dengan datang langsung ke posko pengaduan yang berlokasi di Istana Wakil Presiden, Jl Kebon Sirih No 14, Jakarta Pusat. Layanan tersebut dibuka pada Senin hingga Jumat, jam 08.00 hingga 14.00 WIB.
“Bapak Ibu dapat langsung datang ke Istana Wakil Presiden ya. Jadwalnya dari hari Senin-Jumat, jam 08.00-14.00 WIB,” kata Gibran dalam postingan di @gibran_rakabuming.
Sementara itu, berikut ini kami jelaskan cara menyampaikan aspirasi kepada pemerintah melalui aplikasi WhatsApp.
Cara Kirim Aduan di WhatsApp ‘Lapor Mas Wapres’
Pertama, hubungi nomor WhatsApp (+62) 811-1704-2207;
Setelah itu, tulis di kolom pesan berisi laporan yang ditulis menggunakan bahasa yang santun dan mudah dimengerti, berikut contohnya;
Lapor Mas Wapres,
Selamat Pagi, saya Anindya dari Pati. Saya ingin mengadu dan melaporkan bahwa banyak orang-orang di sekitar saya yang mengeluhkan kesulitan mendapat pekerjaan karena lapangan pekerjaan yang minim, sehingga tenaga kerja di daerah belum terserap dengan baik. Kami mengharapkan adanya solusi terbaik dari pemerintah untuk menampung masyarakat yang siap kerja ini. Terima kasih.
Setelah setelah mengirim pesan, silahkan tunggu sampai aduan Anda mendapatkan respons dari admin ‘Lapor Mas Wapres’ di WhatsApp.
Demikian cara menyampaikan aduan melalui aplikasi WhatsApp ‘Lapor Mas Wapres’. (*)