Pati, Suryamedia.com – Keberadaan Mall Pelayanan Publik (MPP) di Kabupaten Pati diklaim memberikan dampak baik dalam pemberian pelayanan bagi pemohon karena dinilai efektif.
Hal demikian terbukti dengan jumlah pengunjung yang datang untuk mengakses layanan di gerai MPP tersebut cukup tinggi.
Berdasarkan informasi yang disampaikan melalui Koordinator MPP Kabupaten Pati, Suratni menyampaikan dalam sehari pemohon yang datang mencapai hingga 200 orang bahkan lebih.
“Kalau untuk masyarakat yang datang kesini sejauh ini memang tinggi antusiasnya mas, kalau dilihat dari nomor pendaftaran paling tidak ya dalam sehari 150 hingga 200, bahkan kalau hari ramai bisa lebih itu mas,” katanya.
Pihaknya menambahkan dengan demikian maka MPP telah memiliki tujuan sesuai dengan harapan awal pembangunan.
Diketahui bahwasanya, MPP difungsikan untuk memberikan kemudahan pelayanan kepada masyarakat untuk mengakses layanan yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dalam satu tempat.
Dalam MPP setidaknya terdapat 22 gerai pelayanan yang terdiri dari 19 Organisasi Perangkat Daerah dan 3 Instansi Vertikal Pemerintah lainnya.
“Secara keseluruhan disini terdapat gerai-gerai pelayanan mas, nah secara total ada 22, bisa dilihat mulai dari Kejaksaan Negeri, DPMPTSP dan beberapa lainnya,” terangnya.
Lebih lanjut, wanita yang lebih akrab disapa Bu Nini menyampaikan bahwa untuk saat ini, pemohon tertinggi didominasi di bagian gerai Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Pati.
Dimana para pemohon mengajukan pembuatan AK 1 atau biasa disebut dengan kartu kuning yang digunakan untuk pelamar kerja.
“Kalau akhir-akhir yang paling banyak itu pemohon itu mas, yang untuk mencari kerja itu lho. Kartu kuning itu sih, meskipun yang lainnya juga banyak sebenarnya,” pungkasnya. (Adv)
Penulis: Anang Setiyoko
Editor: Erika Chairun