Tips Sederhana Tingkatkan Pelayanan Bisnis Online

Suryamedia.id – Perkembangan teknologi dan media sosial memunculkan tren bisnis berjualan online. Dengan berjualan online ini, pembeli tidak perlu bertemu secara fisik dengan si penjual seperti metode konvesional, melainkan mereka akan berinteraksi via internet dengan bantuan ponsel atau perangkat lainnya. Berjualan online juga memungkinkan penjual menemukan pasar yang lebih besar karena teknologi bisa menyentuh hampir seluruh lapisan masyarakat di dunia.

Bisnis online tidak hanya dilakukan melalui media sosial saja. Seiring berkembangnya zaman, muncul website-website toko online, bahkan platform yang berhasil mengumpulkan berbagai penjual dalam satu wadah berbentuk aplikasi. Platform tersebut dikenal dengan marketplace. Contohnya, seperti Shopee, Lazada, Tokopedia dan lain sebagainya.

Kemampuan media sosial dalam mempengaruhi cara belanja masyarakat sudah begitu besar. Tren jualan online semakin menjamur, sehingga dibutuhkan kiat-kiat khusus oleh seller untuk memberikan nilai tambah bagi toko dan produknya. Salah satunya, yakni nilai tambah yang berasal dari pelayanan yang diberikan.

Berikut adalah tips meningkatkan pelayanan dalam berbisnis online, dilansir dari Kompas.

Baca Juga :   Manfaat Metode Pembayaran COD pada E-commerce

Cepat tanggap

Saat anda menggunakan aplikasi berjualan online, sudah pasti anda meninggalkan kontak agar calon pembeli dapat menghubungi saat ingin melakukan transaksi. Kunci sukses meningkatkan pelayanan bisnis online adalah seberapa tanggap anda merespon pelanggan yang ingin membeli produk di anda. Semakin cepat anda membalas pesan customer, semakin baik pula penilaian mereka terhadap toko anda.

Pengetahuan tentang produk

Setiap pelanggan memiliki kebutuhan yang berbeda-beda. Saat mereka mengetuk kotak pesan anda, ada beberapa pelanggan yang masih memiliki kebingungan terhadap produk yang akan dibelinya. Oleh karena itu, untuk menemukan apa yang sebenarnya mereka butuhkan, diperlukan pengetahuan tentang produk yang anda jual. Dengan pengetahuan tersebut, anda dapat memberikan beberapa rekomendasi yang sekiranya cocok untuk anda.

Rekomendasi tersebut tentu akan sangat membantu buyer dalam pengambilan keputusannya nanti. Artinya, memberikan pelanggan produk yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan mereka merupakan tujuan utama seller untuk meningkatkan pelayanannya.

Jaga toko online tetap aktif

Beberapa platform dapat membaca seberapa aktif seller. Semakin menunjukkan bahwa toko sering aktif, sistem juga dapat membantu untuk memunculkan anda saat pelanggan mencari produk terkait yang diinginkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Menarik Dibaca